Wednesday, September 13, 2017

BuJo 911: Radar Chart


Men-track bagaimana keadaaan pada hari tertentu sangat susah jika tidak ada pedomannya. Nah untuk itu postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu radar chart dan kegunaan dalam Bullet Journal kita.


Seperti judul tersebut, dapat diartikan bahwa radar chart adalah suatu diagram yang menggambarkan bagaimana hari tersebut. Radar chart ini dapat digunakan dalam daily spread ataupun monthly spread, seperti yang telah saya gunakan.


Pertama tama, kita membuat sebuah lingkaran yang dibagi menjadi 5 atau sesuai selera kalian. Disini saya mencontohkan lingkaran yang dibagi 5 bagian. 5 bagian itu merupakan kelompok yang akan kita nilai setiap harinya. Jadi terserah kalian apa saja yang akan kalian track untuk menentukan bagaimana hari kalian.
Disini saya men track 5 kelompok yaitu happiness, energy, calmness, physical, dan fullfillment. Dalam kelompok happiness, kita menilai bagaimana kegembiraan atau kebahagiaan kita pada hari itu. Sedangkan energy, kita menilai apakah kita bersemangat atau produktivitas hari itu banyak atau tidak. Calmness, seperti artinya, yaitu kita menilai tingkat kegelisahan atau ingkat ke-stress-an pada keseluruhan hari itu. Physical menunjukkan keadaan diri kita, apakah sedang sakit atau tidak sehat. Dan yang terakhir adalah fullfillment, kebutuhan hari itu apakah terpenuhi sempurna atau tidak.


Setiap kelompok yang telah dibuat semuanya dinilai dalam angka 1 hingga 10. Dalam penilaian radar chart, bisa dilakukan setiap saat membuat daily spread atau tiap malam hari. Atau bisa juga dibuat monthly.



Nah bagaimana meletakkan daily radar chart? Mungkin bisa dilihat di daily spread berikut.


Demikian penjelasan singkat mengenai radar chart yang beberapa bulan ini saya gandrungi.. Hahahaha.. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan comment saja.


Radar Chart

No comments:

Post a Comment