Tuesday, September 5, 2017

BuJo 911: Key



Membuat segala sesuatu secara teratur sangat memusingkan. Ketika sudah menuliskan segala appointment, meeting, event dan sebagainya, pasti terlihat tidak teratur dalam buku kita. Untuk itu diperlukan simbol simbol yang dapat mengatur semuanya.

Salah satu hal penting yang harus ada dalam Bullet Journal adalah Key. Key disini berisi simbol simbol yang akan digunakan selama mengisi Bullet Journal. Tujuan adanya key ini adalah agar selama mengisi Bullet Journal terjadi keseragaman. Isi dari Key sebenarnya tergantung dari masing masing pemilik Bullet Journal. Memang bagi BuJo Lovers yang baru akan bingung, apa yang akan dipakai di dalam halaman key ini.



Secara umum, yang dapat digunakan dalam halaman key adalah:
1. Task
2. Finished task
3. Task on progress
4. Imported task
5. Cancelled task
6. Event
7. Appointment
8. Important
9. Note
10. Deadline
11. Idea

Berikut adalah contoh halaman key yang sudah pernah saya tuangkan dalam Bullet Journal.




Dalam membuat Key, harus simple. Jangan semua kegiatan diberi simbol spesial, seperti yang akan dilakukan setiap bulannya secara rutin. TIDAK PERLU. Akan tetapi kegiatan yang tidak rutin dan berbeda dari biasanya (spesial) bisa diberi simbol tertentu untuk memudahkan dalam mencarinya.
Halaman Key ini bisa dibuat di halaman depan atau juga bisa ditulis dalam kertas kecil keudian ditempel di pinggir keertas, sehingga memudahkan kita untuk melihat simbol yang telah kita buat. Simbol simbol ini pasti akan berubah seiring dengan keinginan kita.

INGAT: semua simbol yang digunakan dapat berbeda beda antara satu orang dengan yang lain.




No comments:

Post a Comment