Tuesday, August 22, 2017

Pen, Marker or Ink Review on Moleskine Page

Sebelumnya, postingan kali ini akan terbagi menjadi 3 part, diantaranya swatches pada buku Moleskine, swatches pada Leuchtturm 1917, dan perbandingan diantara keduanya.


Dalam nge- BuJo, pasti banyak perlengkapan yang dipakai. Dan yang terpenting adalah bolpoin atau tinta atau marker. Dari antara BuJo Lovers di dunia, pasti banyak merek atau jenis yang digunakan. Nah untuk itu, baiklah kita mengertahui bagaimana tinta atau marker tersebut apabila tertulis pada kertas. Untuk informasi, saya hanya memakai 2 jenis buku, yaitu Moleskine A5 squared dan Leuchtturm 1917 A5 squared. Ingat dibaca artikel sebelumnya mengenai sedikit teori apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli pena, tinta, atau marker.

Nah, berikut adalah hasil percobaan semua bolpoin, marker, dan tinta yang saya punya pada buku Moleskine.





Dari percobaan tersebut, dapat dilihat bahwa beberapa menyebabkan ghosting pada halaman di belakangnya, diantaranya Rolly & friend, Snowman permanent marker. Sedangkan lainnya, tidak terlalu ghosting. Ohon maaf karena lighting yang kurang bagus sehingga di gambar tersebut tidak bisa memperlihatkan ghosting secara jelas.

Pada kertas Moleskine, tinta lebih lebih cepat meresap, jadi untuk bolpoin sarasa kemudian rolly & friend, hanya menunggu 5 detik untuk kering. Kemudian apabila terkena air, dalam hal ini ditindas dengan brush, sarasa masih menyebabkan sedikit luntur (smear) kemudian Rolly & friends juga begitu. Kemungkinan karena tingkat penyerapan tintanya kecil ya...

Dan berakhirlah swatches pada Moleskine ini, nanti kalau ada jenis bolpoin baru, pasti saya akan membuat swatches lagi... KEEP VISIT MY BLOG



No comments:

Post a Comment